3.9 Kunci jawaban metodologi pembelajaran bagian 2

3.9 Kunci jawaban metodologi pembelajaran bagian 2
Pelatihan pada modul Perencanaan Pembelajaran (Lesson Plan) - Bagian 2
Selamat datang di pintar Kemenag yang bersertifikat. Pelatihan ini dilaksanakan oleh pihak kementerian agama selama beberapa hari ke depan. Pelatihan ini dilaksanakan dengan full daring sehingga tidak ada zoom selama mengikuti pelatihan pelatihan ini bisa kita ikuti kapan dan di mana pun saja kita berada sepanjang masih terjangkau dengan jaringanUntuk mengikuti pelatihan pintar Kemenag yang bersertifikat maka sebelumnya itu maka kita dianjurkan untuk mendaftar sebelum pelaksanaan dari pelatihan ini. Pada pelatihan ini maka dianjurkan untuk diikuti dari seluruh naungan Kemenag baik itu ASN ataupun masih status honorer maka itu tetap dianjurkan untuk mengikuti pelaksanaan pelaksanaan pelatihan pintar Kemenag ini
Pelatihan pintar Kemenag ini diadakan dan dilaksanakan dari pihak kementerian agama supaya lebih kompeten dalam sumber daya manusianya sehingga bisa berbanding lurus antara performa dari naungan Kemenag itu.
Pada pelaksanaan pintar Kemenag dianjurkan kita untuk bisa lolos passing grade sebagai persyaratan untuk mendapatkan sertifikat. Nah sebelum kita menjawab dari soal-soal yang sudah tersedia di bawah maka di sini Kita juga dipersiapkan kunci jawaban.
Dari kunci jawaban yang telah dipersiapkan di sini bukanlah berarti bahwa itu adalah 100% kebenarannya namun setidaknya bisa membantu dan meringankan dalam mengikuti dan menjawab seluruh soal yang akan kita jawab nantinya. Nah sebelum kita menjawab maka kita harus memperhatikan dan teliti karena pada soal yang tersedia di sini itu tidak berurut dan persis sama yang ada di soal yang kita sementara kerjakan sehingga memerlukan ketelitian.
Pelatihan pada modul Perencanaan Pembelajaran (Lesson Plan) - Bagian 2
1. Perencanaan disusun untuk memperoleh keberhasilan. Dengan demikian, kemungkinan-kemungkinan kegagalan dapat diantisipasi oleh setiap guru, sehingga, hasilnya pun akan lebih bagus dan optimal. Dengan perencanaan pebelajaran yang matang, seorang pendidik akan paham, tujuan apa yang harus dicapai oleh siswa, serta strategi apa yang pantas dilakukan sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai. Hal tersebut menunjukkan bahwa manfaat dari perencanaan dalam pembelajaran adalah…A. Memecahkan masalah
B. Membuat pembelajaran terarah, sistematis dan terorganisir
C. Memanfaatkan sumber belajar secara tepat
D. Memprediksi keberhasilan
Jawaban: D. Memprediksi keberhasilan
2.Membuat perencanaan pembelajaran, adalah titik awal guru dalam menciptakan pembelajaran yang mampu mencapai tujuan pembelajaran. Guru dapat memodifikasi perencanaan pembelajaran yang sudah dibuat oleh guru lain, pada mata pelajaran yang sama. Guru juga bisa menjadikan perencanaan pembelajaran yang sudah dibuat orang lain itu sebagai bahan inspirasi. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan oleh guru, diantaranya:Karakteristik madrasah
Karakteristik guru
Kebutuhan siswa
Ketersediaan dana
Visi, misi dan tujuan madrasah
Kemampuan guru
Karakteristik lingkungan madrasah
Perencanaan pembelajaran yang baik harus memperhatikan aspek-aspek berikut:
A. 2, 3, 5, dan 6
B. 1, 3, 4, dan 7
C. 1, 3, 5, dan 7
D. 1, 2, 5 dan 7
Jawaban: C 135&7
3.Ibu Siti Salihah adalah seorang adalah seorang guru kelas Madrasah Ibtidaiyah. Ibu Siti akan membuat perencanaan pembelajaran kelas 1, yang tahun ajaran baru ini mulai menerapkan kurikulum merdeka. Perencanaan pembelajaran yang dibuat oleh Ibu Siti Salihah yang tepat adalah ...
A. RPP yang sudah ada saja
B. Boleh memilih salah satu, RPP atau modul ajar.
C. Membuat RPP dan modul ajar
D. Modul ajar, karena pada kurikulum merdeka menggunakan modul ajar.
Jawaban: C. Boleh memilih salah satu
5.Pak Muhammad Anwar adalah guru Akidah Akhlak di MTs. Pak Muhammad Anwar tahun ajaran baru ini akan mengajar di kelas VII. Sebelumnya, Pak Muhammad Anwar selalu mengajar di kelas IX. Pak Muhammad Anwar akan membuat perencanaan pembelajaran Akidah akhlak agar kegiatan pembelajaran di kelas efektif dan efisien mencapai tujuan pembelajaran, sekaligus siswa merasa senang. Maka, langkah yang dilakukan oleh Pak Muhammad Anwar adalah:Mempelajari karakteristik dan kemampuan siswa kelas VII yang baru masuk
Membuat tujuan pembelajaran dan alur tujuan pembelajaran dari capaian pembelajaran dengan mempertimbangkan karakteristik madrasah
Mendata sumber dan media pembelajaran yang bisa digunakan
Merancang kegiatan pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik siswa
Urutan yang tepat dalam melakukan perencanaan pembelajaran yang dilakukan oleh Pak Muhammad Anwar adalah:
A. 1, 2, 3, 4
B. 1, 3, 2, 4
C. 4, 2, 1, 3
D. 2, 1, 3, 4
Jawaban: D. 2 1 3 4
7.Kenapa harus menyusun perencanaan pembelajaran? Karena sebuh perencanaan merupakan langkah awal sebelum melaksanakan segala sesuatu. Kata seorang ahli, suatu peristiwa yang terjadi, diciptakan 3 kali: Dipetakan dalam pikiran, dituangkan dalam rencana, dan kejadian nyata. Di bawah ini yang bukan termasuk alasan pentingnya melakukan perencanaan pembelajaran:
A. Agar tujuan pembelajaran bisa tercapai secara maksimal
B. Agar masalah pembelajaran yang muncul bisa diminimalisir
C. Agar siswa lebih yakin kompetensinya bisa dicapai
D. Agar guru terarah ketika melakukan proses pembelajaran
Jawaban: C .agar siswa
8.Perencanaan adalah pengambilan keputusan tentang apa yang harus dilakukan untuk mencapai tujuan. Sehingga, Ketika membuat sebuah rencana, langkah pertama yang harus dilakukan adalah:
A. Melakukan analisis tujuan yang akan dicapai
B. Menetapkan kriteria yang harus dipenuhi
C.Menetapkan langkah-langkah yang harus dilakukan
D. Menetapkan tujuan yang akan dicapai
Jawaban: D.Menetapkan tujuan yang akan dicapai
9. Perhatikan kalimat di bawah ini:Proses pengambilan keputusan hasil berfikir rasional
Berfikir efektif dan efisen dalam mencapai tujuan
Fokus pada tujuan dan sasaran tertentu
Rangkaian perilaku yang harus dilakukan
Merupakan upaya untuk mencapai tujuan tertentu
Memanfaatkan sumber belajar yang ada
Terdapat perubahan kegiatan untuk mencapai tujuan
yang merupakan konsep pembelajaran yang tepat adalah:
A. 1, 3, 5, 7
B. 1, 3, 5, 6.
C. 1, 2, 5, 6.
D.1, 3, 4, 6
Jawaban: C 135 6
10.Pak Amirudin adalah guru kelas X Madrasah Aliyah. Pada tahun ajaran baru ini, Madrasah Aliyah tempat Pak Amirudin bekerja, menerapkan kurikulum merdeka. Pak Amin bermaksud membuat perencanaan pembelajaran berupa modul ajar. Pak Amirudin berencana membuat modul ajar yang sederhana, yang memuat komponen utama modul ajar. Maka, komponen modul ajar yang dibuat oleh Pak Amirudin adalah…
A. Tujuan pembelajaran, langkah-langkah pembelajaran, rencana asesmen di awal pembelajaran, dan rencana asesmen di akhir pembelajaran.
B. Tujuan pembelajaran, langkah-langkah pembelajaran, rencana asesmen di awal pembelajaran, rencana asesmen di akhir pembelajaran, dan metode pembelajaran
C. Tujuan pembelajaran, langkah-langkah pembelajaran dan asesmen pembelajaran (rencana asesmen di awal dan rencana asesmen di akhir pembelajaran).
D. Tujuan pembelajaran, langkah-langkah pembelajaran, rencana asesmen di awal pembelajaran, rencana asesmen di akhir pembelajaran, dan media pembelajaran
Jawaban : A. Tujuan pembelajaran, langkah-langkah pembelajaran, rencana asesmen di awal pembelajaran, dan rencana asesmen di akhir pembelajaran.
11 .Berbeda dengan Pak Amirudin, Pak Asep Saepudin, akan membuat perencanaan pembelajaran berupa RPP. Pak Asep Saepudin, berkonsultasi pada wakil kepala madrasah tentang komponen minimal yang harus ada pada RPP, sesuai dengan panduan pembelajaran dan asesmen pada kurikulum merdeka. Hasil konsultasi tersebut, Pak Asep Saepudin menyimpulkan bahwa komponen minimal pada RPP yang akan dibuatnya, terdiri dari:
A.Tujuan pembelajaran, langkah-langkah pembelajaran, rencana asesmen di awal pembelajaran, rencana asesmen di akhir pembelajaran, dan metode pembelajaran
B.Tujuan pembelajaran, langkah-langkah pembelajaran, rencana asesmen di awal pembelajaran, rencana asesmen di akhir pembelajaran, dan media pembelajaran
C.Tujuan pembelajaran, langkah-langkah pembelajaran dan asesmen pembelajaran (rencana asesmen di awal dan rencana asesmen di akhir pembelajaran).
D.Tujuan pembelajaran, langkah-langkah pembelajaran, rencana asesmen di awal pembelajaran, dan rencana asesmen di akhir pembelajaran.
Jawaban : C.Tujuan pembelajaran, langkah-langkah pembelajaran dan asesmen pembelajaran (rencana asesmen di awal dan rencana asesmen di akhir pembelajaran).
Karakteristik guru
Kebutuhan siswa
Ketersediaan dana
Visi, misi dan tujuan madrasah
Kemampuan guru
Karakteristik lingkungan madrasah
Perencanaan pembelajaran yang baik harus memperhatikan aspek-aspek berikut:
A. 2, 3, 5, dan 6
B. 1, 3, 4, dan 7
C. 1, 3, 5, dan 7
D. 1, 2, 5 dan 7
Jawaban: C 135&7
3.Ibu Siti Salihah adalah seorang adalah seorang guru kelas Madrasah Ibtidaiyah. Ibu Siti akan membuat perencanaan pembelajaran kelas 1, yang tahun ajaran baru ini mulai menerapkan kurikulum merdeka. Perencanaan pembelajaran yang dibuat oleh Ibu Siti Salihah yang tepat adalah ...
A. RPP yang sudah ada saja
B. Boleh memilih salah satu, RPP atau modul ajar.
C. Membuat RPP dan modul ajar
D. Modul ajar, karena pada kurikulum merdeka menggunakan modul ajar.
Jawaban: C. Boleh memilih salah satu
4.Pak Muhammad Anwar adalah guru Akidah Akhlak di MTs. Pak Muhammad Anwar tahun ajaran baru ini akan mengajar di kelas VII. Sebelumnya, Pak Muhammad Anwar selalu mengajar di kelas IX. Pak Muhammad Anwar akan membuat perencanaan pembelajaran Akidah akhlak agar kegiatan pembelajaran di kelas efektif dan efisien mencapai tujuan pembelajaran, sekaligus siswa merasa senang. Maka, langkah yang dilakukan oleh Pak Muhammad Anwar adalah:Mempelajari karakteristik dan kemampuan siswa kelas VII yang baru masuk
Membuat tujuan pembelajaran dan alur tujuan pembelajaran dari capaian pembelajaran dengan mempertimbangkan karakteristik madrasah
Mendata sumber dan media pembelajaran yang bisa digunakan
Merancang kegiatan pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik siswa
Urutan yang tepat dalam melakukan perencanaan pembelajaran yang dilakukan oleh Pak Muhammad Anwar adalah:
A. 1, 2, 3, 4
B. 1, 3, 2, 4
C. 4, 2, 1, 3
D. 2, 1, 3, 4
1awaban- D .2134
Membuat tujuan pembelajaran dan alur tujuan pembelajaran dari capaian pembelajaran dengan mempertimbangkan karakteristik madrasah
Mendata sumber dan media pembelajaran yang bisa digunakan
Merancang kegiatan pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik siswa
Urutan yang tepat dalam melakukan perencanaan pembelajaran yang dilakukan oleh Pak Muhammad Anwar adalah:
A. 1, 2, 3, 4
B. 1, 3, 2, 4
C. 4, 2, 1, 3
D. 2, 1, 3, 4
1awaban- D .2134
5.Pak Muhammad Anwar adalah guru Akidah Akhlak di MTs. Pak Muhammad Anwar tahun ajaran baru ini akan mengajar di kelas VII. Sebelumnya, Pak Muhammad Anwar selalu mengajar di kelas IX. Pak Muhammad Anwar akan membuat perencanaan pembelajaran Akidah akhlak agar kegiatan pembelajaran di kelas efektif dan efisien mencapai tujuan pembelajaran, sekaligus siswa merasa senang. Maka, langkah yang dilakukan oleh Pak Muhammad Anwar adalah:Mempelajari karakteristik dan kemampuan siswa kelas VII yang baru masuk
Membuat tujuan pembelajaran dan alur tujuan pembelajaran dari capaian pembelajaran dengan mempertimbangkan karakteristik madrasah
Mendata sumber dan media pembelajaran yang bisa digunakan
Merancang kegiatan pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik siswa
Urutan yang tepat dalam melakukan perencanaan pembelajaran yang dilakukan oleh Pak Muhammad Anwar adalah:
A. 1, 2, 3, 4
B. 1, 3, 2, 4
C. 4, 2, 1, 3
D. 2, 1, 3, 4
Jawaban: D. 2 1 3 4
6.Apabila guru membuat perencanaan yang matang, guru akan dengan mudah mengantisipasi berbagai masalah yang mungkin timbul. Proses pembelajaran adalah proses yang kompleks dan situasional di mana berbagai kemungkinan bisa terjadi. Membuat perencanaan pembelajaran, berarti juga memprediksi kesulitan yang akan dihadapi siswa dalam menguasai kompetensi pembelajaran. Hal ini menunjukkan bahwa manfaat perencanaan pembelajaran adalah….
A. Membuat pembelajaran terarah, sistematis dan terorganisir
B. Memanfaatkan sumber belajar secara tepat
C. Memprediksi keberhasilan
D. Memecahkan masalah
Jawaban: D .Memecahkan masalah
A. Membuat pembelajaran terarah, sistematis dan terorganisir
B. Memanfaatkan sumber belajar secara tepat
C. Memprediksi keberhasilan
D. Memecahkan masalah
Jawaban: D .Memecahkan masalah
7.Kenapa harus menyusun perencanaan pembelajaran? Karena sebuh perencanaan merupakan langkah awal sebelum melaksanakan segala sesuatu. Kata seorang ahli, suatu peristiwa yang terjadi, diciptakan 3 kali: Dipetakan dalam pikiran, dituangkan dalam rencana, dan kejadian nyata. Di bawah ini yang bukan termasuk alasan pentingnya melakukan perencanaan pembelajaran:
A. Agar tujuan pembelajaran bisa tercapai secara maksimal
B. Agar masalah pembelajaran yang muncul bisa diminimalisir
C. Agar siswa lebih yakin kompetensinya bisa dicapai
D. Agar guru terarah ketika melakukan proses pembelajaran
Jawaban: C .agar siswa
8.Perencanaan adalah pengambilan keputusan tentang apa yang harus dilakukan untuk mencapai tujuan. Sehingga, Ketika membuat sebuah rencana, langkah pertama yang harus dilakukan adalah:
A. Melakukan analisis tujuan yang akan dicapai
B. Menetapkan kriteria yang harus dipenuhi
C.Menetapkan langkah-langkah yang harus dilakukan
D. Menetapkan tujuan yang akan dicapai
Jawaban: D.Menetapkan tujuan yang akan dicapai
9. Perhatikan kalimat di bawah ini:Proses pengambilan keputusan hasil berfikir rasional
Berfikir efektif dan efisen dalam mencapai tujuan
Fokus pada tujuan dan sasaran tertentu
Rangkaian perilaku yang harus dilakukan
Merupakan upaya untuk mencapai tujuan tertentu
Memanfaatkan sumber belajar yang ada
Terdapat perubahan kegiatan untuk mencapai tujuan
yang merupakan konsep pembelajaran yang tepat adalah:
A. 1, 3, 5, 7
B. 1, 3, 5, 6.
C. 1, 2, 5, 6.
D.1, 3, 4, 6
Jawaban: C 135 6
10.Pak Amirudin adalah guru kelas X Madrasah Aliyah. Pada tahun ajaran baru ini, Madrasah Aliyah tempat Pak Amirudin bekerja, menerapkan kurikulum merdeka. Pak Amin bermaksud membuat perencanaan pembelajaran berupa modul ajar. Pak Amirudin berencana membuat modul ajar yang sederhana, yang memuat komponen utama modul ajar. Maka, komponen modul ajar yang dibuat oleh Pak Amirudin adalah…
A. Tujuan pembelajaran, langkah-langkah pembelajaran, rencana asesmen di awal pembelajaran, dan rencana asesmen di akhir pembelajaran.
B. Tujuan pembelajaran, langkah-langkah pembelajaran, rencana asesmen di awal pembelajaran, rencana asesmen di akhir pembelajaran, dan metode pembelajaran
C. Tujuan pembelajaran, langkah-langkah pembelajaran dan asesmen pembelajaran (rencana asesmen di awal dan rencana asesmen di akhir pembelajaran).
D. Tujuan pembelajaran, langkah-langkah pembelajaran, rencana asesmen di awal pembelajaran, rencana asesmen di akhir pembelajaran, dan media pembelajaran
Jawaban : A. Tujuan pembelajaran, langkah-langkah pembelajaran, rencana asesmen di awal pembelajaran, dan rencana asesmen di akhir pembelajaran.
11 .Berbeda dengan Pak Amirudin, Pak Asep Saepudin, akan membuat perencanaan pembelajaran berupa RPP. Pak Asep Saepudin, berkonsultasi pada wakil kepala madrasah tentang komponen minimal yang harus ada pada RPP, sesuai dengan panduan pembelajaran dan asesmen pada kurikulum merdeka. Hasil konsultasi tersebut, Pak Asep Saepudin menyimpulkan bahwa komponen minimal pada RPP yang akan dibuatnya, terdiri dari:
A.Tujuan pembelajaran, langkah-langkah pembelajaran, rencana asesmen di awal pembelajaran, rencana asesmen di akhir pembelajaran, dan metode pembelajaran
B.Tujuan pembelajaran, langkah-langkah pembelajaran, rencana asesmen di awal pembelajaran, rencana asesmen di akhir pembelajaran, dan media pembelajaran
C.Tujuan pembelajaran, langkah-langkah pembelajaran dan asesmen pembelajaran (rencana asesmen di awal dan rencana asesmen di akhir pembelajaran).
D.Tujuan pembelajaran, langkah-langkah pembelajaran, rencana asesmen di awal pembelajaran, dan rencana asesmen di akhir pembelajaran.
Jawaban : C.Tujuan pembelajaran, langkah-langkah pembelajaran dan asesmen pembelajaran (rencana asesmen di awal dan rencana asesmen di akhir pembelajaran).
Dari soal dan kunci jawaban diatas sekalipun sekiranya tidak seratus persen kebenarannya maka sedikit banyaknya bisa membantu kita dalam menjawab soal.
Komentar