1. kunci jawaban pelatihan pintar Pelatihan pada modul Shifting Paradigm Pendidikan Islam lnklusif - Bagian 3



Pelatihan pembelajaran inklusif pada madrasah sekolah

Selamat datang di pelatihan pintar kemenag yang berstifikat,pada 
Pelatihan di Pintar berbasis MOOC (Massive Open Online Course) dilakukan secara Asynchronous dan full online,selama beberapa hari sehingga tidak ada jadwal Zoom ataupun tatap muka.
Pelatihan ini bisa kita ikuti serta mengerjakan soal kapan dan dimanapun selama masih tersambung jaringan internet.

Untuk mengikuti pelatihan pintar Kemenag ini maka kita sebagai peserta dianjurkan dan diwajibkan untuk mendaftar lebih dahulu sebelum dimulai pelatihan karena di saat latihan maka pendaftaran sudah tertutup dan di saat kita mendaftarkan maka kita harus menyesuaikan dengan kebutuhan kita

Adapun pelaksanaan daripada pelatihan ini yaitu pembelajaran inklusif karena semua manusia mempunyai hak. Yaitu berhak untuk mendapatkan pendidikan kesehatan dan lainnya. Adapun di blog ini kita akan kita akan mempelajari dan menjawab soal sehingga disediakan soal dan kunci jawaban yang sudah tersedia di bawah. 
Namun di saat kita merujuk pada blog ini dan dijadikan sebagai patokan maka kita harus berhati-hati menjawabnya karena tersusun secara acak jadi memerlukan kehati-hatian dan ketelitian dalam menjawab beberapa soal pelatihan


Pelatihan pada modul Shifting Paradigm Pendidikan Islam lnklusif - Bagian 3
1. dari 10 soal
Pernyataan berikut selaras dengan gerakan Education for All yang dicanangkan oleh UNESCO, kecuali A.Bukan hanya para penyandang disabilitas yang dapat mengenyam pendidikan secara inklusif, bahkan termasuk perbedaan gender, bahasa, budaya, suku bangsa, kemiskinan, letak geografis dan lain sebagainya.
B.Semua anak memiliki hak dan kesempatan untuk belajar dalam lingkungan terdekat mereka atau Madrasah/Sekolah yang mereka kehendaki dengan tanpa membedakan keragaman, kebutuhan, dan karakteristik individu secara fisik, mental, sosial, emosional.
C.Inklusif dalam konteks pendidikan berusaha menjangkau dan memberi fasilitasi kepada semua anak tanpa terkecuali termasuk anak dengan kebutuhan khusus.
D.Pendidikan inklusif harus dipersiapkan secara sempurna atas ketersedian 8 Standar Nasional Pendidikan, sehingga satuan pendidikan tidak melakukan kesalahan dalam memberikan layanan pendidikan karena terkait dengan nasib peserta didik berkebutuhan khusus.
Jawaban: D.Pendidikan inklusif harus dipersiapkan secara sempurna atas ketersedian 8 Standar Nasional Pendidikan, sehingga satuan pendidikan tidak melakukan kesalahan dalam memberikan layanan pendidikan karena terkait dengan nasib peserta didik berkebutuhan khusus.

Pelatihan pada modul Shifting Paradigm Pendidikan Islam lnklusif - Bagian 3
2 dari 10 soal
Berikut yang bukan merupakan orientasi hakikat Pendidikan Islam adalah ….
A.rumusan tujuan tersebut haruslah sejalan dan memperhatikan sifat-sifat dasar (fitrah) manusia tentang nilai, bakat, minat dan sebagainya yang akan membentuk karakter
B.tentang tujuan dan tugas hidup manusia, yang ditekankan bahwa manusia hidup bukan kebetulan dan sia-sia, manusia bisa melaksanakan tugas dan tanggungjawabnya untuk mengabdi kepada Allah sebaik-baiknya
C.tujuan pendidikan Islam sesuai dengan tuntutan masyarakat dengan tidak menghilangkan nilai-nilai lokal yang bersumber dari budaya dan nilai-nilai ilahiyah yang bersumber dari wahyu Tuhan demi menjaga keselamatan dan peradaban umat manusia
D.Hakikat pendidikan Islam adalah menyiapkan anak-anak peserta didik yang memiliki pengetahuan ke-Islam-an yang mumpuni, sehingga mereka dapat dipersiapkan menjadi agen perubahan menuju Masyarakat yang madani
Jawaban::D.Hakikat pendidikan Islam adalah menyiapkan anak-anak peserta didik yang memiliki pengetahuan ke-Islam-an yang mumpuni, sehingga mereka dapat dipersiapkan menjadi agen perubahan menuju Masyarakat yang madani

Pelatihan pada modul Shifting Paradigm Pendidikan Islam lnklusif - Bagian 3
3 dari 10 soal
Madrasah inklusif merupakan tempat yang paling efektif untuk ….
A.memerangi sikap diskriminatif,
B.mencapai pendidikan untuk semua
C.semua jawaban benar
D.menciptakan masyarakat yang ramah, dan inklusif
Jawaban: C.semua jawaban benar

Pelatihan pada modul Shifting Paradigm Pendidikan Islam lnklusif - Bagian 3
4 dari 10 soal
Tidak ada alasan menolak PDBK untuk belajar di madrasah, karena mereka unik dan memiliki potensi yang bisa dikembangkan. Pernyataan di atas dimiliki oleh warga madrasah yang ….
A.negative progress
B.fix mindset
C.stagnant progress
D.growth mindset
Jawaban: D.growth minset


Pelatihan pada modul Shifting Paradigm Pendidikan Islam lnklusif - Bagian 3
5 dari 10 soal
Berikut yang bukan merupakan makna teoritik dari paradigma adalah ….
A.seperangkat asumsi, konsep, nilai, dan praktik yang diterapkan dalam memandang realitas dalam sebuah komunitas yang sama, khususnya, dalam disiplin intelektual
B.cara pandang orang terhadap diri dan lingkungannya yang akan mempengaruhinya dalam berpikir (kognitif), bersikap (afektif), dan bertingkah laku (konatif)
C.keyakinan atau kepercayaan yang mendasari seseorang dalam melakukan segala tindakan
D.daya upaya untuk memajukan budi pekerti (kekuatan batin), pikiran (intelek), dan jasmani anak-anak, selaras dengan alam dan masyarakatnya
Jawaban:.D.daya upaya untuk memajukan budi pekerti (kekuatan batin), pikiran (intelek), dan jasmani anak-anak, selaras dengan alam dan masyarakatnya

Pelatihan pada modul Shifting Paradigm Pendidikan Islam lnklusif - Bagian 3
6 dari 10 soal
Pendidikan Islam adalah ….
A.bimbingan secara sadar oleh pendidik terhadap perkembangan jasmani dan rohani peserta didik menuju terbentuknya kepribadiannya yang utama (insan kamil)
B.pendidikan yang berorientasi kemampuan pemahaman peserta didik secara ideal dan terukur
C.bimbingan secara sadar oleh pendidikan terhadap terbentuknya karakter peserta didik yang berakhlaqul karimah
D.doktrin keagamaan yang kuat pada semua peserta didik yang belajar di Madrasah dan pondok pesantren
Jawaban:.A.doktrin keagamaan yang kuat pada semua peserta didik yang belajar di Madrasah dan pondok pesantren

Pelatihan pada modul Shifting Paradigm Pendidikan Islam lnklusif - Bagian 3
7 dari 10 soal
Surat dalam Al-Qur’an isinya teguran Allah atas sikap Nabi Muhammad (teguran-ta’limiyah) terhadap seorang sahabat dengan disabilitas netra yang diabaikan saat memohon bimbingan Islam adalah ….
A.QS. An-Nur ayat 61
B.QS. Al-Baqarah ayat 43
C.QS. Al-Hujurat ayat 13
D.QS. ‘Abasa ayat 1 – 11
Jawaba benar D.QS. ‘Abasa ayat 1 – 11

Pelatihan pada modul Shifting Paradigm Pendidikan Islam lnklusif - Bagian 3
8 dari 10 soal
Berikut merupakan nilai-nilai dasar pengembangan pendidikan inklusif di Madrasah kecuali ….
A.Hubungan guru dan peserta didik diikat dengan mahabbah fillah
B.Pendidikan Inklusif di madrasah dibangun dalam perspektif ibadah berdimensi ukhrowi
C.Penyandang Disablitas merupakan satu-satunya sumber belajar bagi warga madrasah
D.Akhlak di atas ilmu pengetahuan
Jawaban:.C.Penyandang Disablitas merupakan satu-satunya sumber belajar bagi warga madrasah

Pelatihan pada modul Shifting Paradigm Pendidikan Islam lnklusif - Bagian 3
9 dari 10 soal

مَرْحَبًا بِمَنْ عَاتَبَنِي فِيهِ رَبِّي merupakan sapaan Nabi Muhammad SAW untuk memuliakan seorang sahabat netra yang bernama ….

A.Abdullah bin Zaid al-Jarmi
B.Amr bin Al-Jamuh
C.Abdullah bin Ummi Maktum
D.Julaibib

Jawaban:.C.Abdullah bin Ummi Maktum



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kunci jawaban bimbingan dan konseling pintar kemenag 3.2 latihan ke 1

Kunci jawaban pablik sepeaking pelatihan pintar kemenag 3.3 bagian 3

orang pintar menurut Rasulullah